Laman

20/11/10

Belajar Menggunakan Hangeul



Haloo..
kali ini saya akan membehas tentang HANGEUL. Belakangan ini, demam BBF sedang melanda Indonesia. Saya juga ikutan kena wabahnya. Malah mungkin saya yang paling parah diantara para pasien yang ada dilingkungan rumah saya (duh, kasiann). Tapi beneran loh, padahal saya udah nonton berkali-kali tanpa melewatkan satu episode pun, tapi tetep aja nangis berkali-kali juga. Kadang saya suka dikatain lebay sama sepupu-sepupu physco dirumah gara-gara ketawa sendiri didepan tivi eh, ntarannya tiba-tiba nagis nggak karuan. Yah begitulah, tingkah polah saya dan sepupu lebay alay dirumah. Saling ngata-ngatain. Kadang juga suka heboh sendiri ngeliat tampang indahnya mas jun pyo dan kawan kawan yang menawan. "Mas Jun Pyoooo! I LOVE YOU FULL!!!"


Okeh, kembali ke laptopp! karena saya dan "hampir" seluruh penghuni rumah sedang ngebet-ngebetnya sama drama korea, kepikiran juga buat bisa belajar nulis hangeul. Abisnya kalo ada tulisan-tulisan dilayar kaca indosiar yang pake hangeul pada nggak ngerti. Alhasil, saya, anak manis nan rupawan ini mencoba menjelajah mbah google dan mencari tahu tentang hangeul. daaaannn... inilah hasilnya! jengg jenngg!!


Untuk melancarkan dan membiasakan diri agar mudah dalam pengenalan dan penggunaan huruf Hangul, maka disini mencoba cara ntara kalimat dalam bahasa Indonesia menggunakan karakter Hangul. Metoda in,i diharapkan dapat mengalokasikan penggunaan otak kanan yaitu fungsi rasa (sensing) karena bunyi yang terucap dari rangkaian huruf ini tidak asing lagi bagi pengguna yang berbahasa Indonesia sehingga tidak membutuhkan 2 kali kerja untuk membaca dan menterjemahkan. Begitu huruf tersebut dibaca akan layaknya kalimat dalam bahasa Indonesia biasa namun cara penulisan memakai huruf (character) Korea.
Penggunaan keyboard komputer untuk dapat menulis dengan huruf Korea yang sebelumnya telah diaktifkan default language setting pada Regional Setting memakai bahasa Korea. Cara penulisan simbol hangul seperti cara menulis simbol latin biasa, perbedaannya adalah simbol hangul dapat terdiri dari 3 simbol kebawah. Seperti untuk akhiran dengan bunyi t, k l, p, m, n dan ng. Untuk simbol-simbol konsonan ganda dan vokal ganda pada tingkat lanjut tidak akan ditulis disini.
Berikut ini urutan tuts keyboard pada barisan atas kemudian barisan tengah adalah simbol huruf Korea (Hangul) yang muncul pada display dan yang paling bawah adalah penggunaan simbol hangul. Setelah language setting berhasil di install, maka pada microsoft word akan semakin mudah menulis dengan simbol korea ini karena Microsoft Word mendukung metoda menulis dengan simbol korea dan akan dengan otomatis menempatkan simbol-simbol hangul seperti penulisan artikel inipun menggunakan aplikasi microsoft word.
Tabel konversi keyboard ke simbol hangul.
Q  W  E   R    T  Y   U   I   O   P  A   S   D   F  G   H   J   K  L   Z   X   C   V  B  N  M
b   j   d  g(k) s yo  ye ya  a  e  m   n   -   r(l) h  o  eo ae i k t ch p yu u eu

슬아 시앙, 슬아맡 파기, 슬아맡 마람. 스모가 안다 블바하갸 파다 하리 이니. 다람 그슴파탄 이니 사야 믄초바 운툭 므누릿간 악티클 등안 차라 블베다 다리 비아사뇨 카르나 디시니 사여 므누릿 므마카이 투리산 코래아. 므누릿 등안 투리산 한굴 메망 스카리.
Caranya cocokkan simbol ini dengan yang tertera pada tabel diatas maka akan berbunyi sebagai berikut:
Selamat siang, selamat pagi, selamat malam. Semoga anda berbahagya pada hari ini. Dalam kesempatan ini saya mencoba untuk menuliskan artikel dengan cara yang berbeda dari biasanya karena disini saya menulis memakai tulisan korea. Menulis dengan tulisan hangul memang gampang sekali.

Nahnahh,, sekian dulu postingannya.. sampai jumpaa!

0 komentar:

Posting Komentar